Ucapan Barakallah Fii Umrik, Keutamaan dan Cara Menjawab

Zakkiya

Ucapan Barakallah Fii Umrik, Keutamaan dan Cara Menjawab

Hukum Dalam Mengucapkan Barakallah Fii Umrik Menurut Islam

Hukum Dalam Mengucapkan Barakallah Fii Umrik Menurut Islam

Untuk pembahasan selanjutnya adalah tentang hukum mengucapkan kalimat Barakallah Fii Umrik dalam islam. Mengucapkan kalimat tersebut merupakan sebuah doa yang sering di lakukan oleh umat muslim ketika bertemu dengan sesamanya.

Namun pastinya sebagian orang bertanya-tanya tentang hukum mengenai ucapan pada kalimat Barakallah Fii Umrik yang sesuai dengan ajaran isalam atau tidak. Adapun untuk jawaban mengucapkan kalimat tersebut adalah boleh.

Yang mana dalam ajaran islam boleh mengucapkan kalimat Barakallah Fii Umrik. Karena kalimat tersebut mengandung doa baik yaitu mengandung harapan agar umur dan kehidupan seseorang di berkahi oleh Allah SWT.

Dalam pengucapan kalimat ini juga merupakan salah satu sebagai bentuk penghormatan kepada seseorang yang sudah berkerja keras dalam hidupnya. Jadi dalam pengucapan kalimat ini tidak sunnah, akan tetapi memberi ucapan memang di perbolehkan. Namun dengan catatan tidak terdapat perbuatan munkar seperti :

  • Menyelakan lilin dan menyuruh orang yang sedang berulang tahun untuk memberi permohonan yang di lanjutkan dengan meniup lilin
  • Terdapat pesta yang dapat melalaikan, seperti memainkan musik
  • Memasang gambar atau patung dan hal yang serupa lainnya
  • Bercampur dengan laki-laki dan perempuan yang bukan mahramnya

Jadi dengan berdasarkan dalil yang ada di dalam Al-Qur’an dan hadist serta pendapat ulama lainnya bahwa mengucapkan kalimat Barakallah Fii Umrik adalah hukumnya mubah atau boleh. Yang terpenting di dalamnya tidak terdapat perbuatan munkar.

Namun meskipun dalam hal ini merupakan hukum mubah atau di perbolehkan yang membuat mereka yang melakukannya tidak akan mendapatkan ganjaran pahala maupun dosa. Karena mubah di sini merupakan hukum yang menyarankan orang untuk melakukannya, akan tetapi tidak ada jaminan meeka akan mendapatkan pahala.

Bagikan:

Tags