Ikhfa Haqiqi, Pengertian, Huruf, Contoh dan Cara Membacanya

Zakkiya

Ikhfa Haqiqi, Pengertian, Huruf, Contoh dan Cara Membacanya

Olkimunesa.id – Mempelajari ilmu tajwid memang sangat penting sekali, karena dengan belajar ilmu tajwid kita bisa membaca Al-Qur’an dengan baik dan benar. Yang mana sebelum membaca ayat-ayat Al-Qur’an seorang muslim di anjurkan untuk mempelajari ilmu tajwid terlebih dahulu mulai dari iqlab, idhar, idghom hingga Ikhfa Haqiqi. Untuk informasi lebih lanjut silahkan simak artikel ini hingga akhir.

Dalam mempelajari ilmu tajwid sendiri hukumnya adalah fardhu kifayah adapun untuk mengamalkannya adalah hukumnya fardhu ‘ain. Karena mempelajari ilmu tajwid tersebut merupakan panduan agar bisa membaca ayat-ayat Al-Qur’an yang sesuai kaidah.

Tentunya ilmu tajwid sebagai suatu ilmu yang isinya untuk mempelajari cara dalam pengucapan huruf-huruf yang terdapat dalam Al-Qur’an. Maka dari itu, sebagai umat muslim tentunya harus bisa mengusai ilmu tajwid tersebut agar membaca Al-Qur’annya bisa dengan benar.

Baca juga  Hukum Bacaan Mad Thobi'i Contoh di Al-Quran dan Penjelasannya

Sehingga bisa terhindar dari kesalahan dalam pengucapan yang dapat menyebabkan perubahan pada makna dalam Al-Qur’an tersebut. Oleh itu, umat muslim tentunya sangat di anjurkan untuk mempelajari ilmu tajwid tersebut.

Karena membaca Al-Qur’an merupakan salah satu kegiatan yang sangat penting dalam kehidupan kita sebagai umat muslim. Maka dari itu, kita perlu memahami aturan-aturan bacaan yang ada di dalam Al-Qur’an tersebut. Termasuk mempelajari bacaan Ikhfa Haqiqi.

Yang mana hukum bacaan ihkfa merupakan salah satu dari empat hukum bacaan nun dan tanwin dalam ilmu tajwid. Di mana ikhfa sendiri berarti menyembunyikan atau merapatkan. Dalam hal ini kita harus menyamarkan atau merapatkan suara huruf nun sukun atau tanwin dengan hururf berikutnya.

Baca juga  Doa Naik Kendaraan Darat, Laut, Udara Arab Latin dan Artinya

Jadi dalam memahami hukum bacaan Ikhfa tersebut sangat penting sekali dalam membaca Al-Qur-an. Karena dalam hal ini tentunya akan mempengaruhi kefasihan dan keindahan dalam membaca ayat-ayat Al-Qur-an.

Bagikan: